Pelatihan Keterampilan Untuk Penyandang Disabilitas

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dan Lanjut Usia Dinsos Kalsel Yudhiana Khusnan K saat kampaye Hari Disabilitas Internasiona dengan tema Indonesia Inklusi Disabilitas Unggulan di Panti Rehabiitasi Sosial Penyandang Disabilitas (RSPD) Iskaya Banaran, Banjarbaru, Jum’at (15/11/2019). MC Kalsel/tgh

Dinas Sosial Provinsi Kalsel memiliki Panti Rehabiitasi Sosial Penyandang Disabilitas (RSPD) Iskaya Banaran yang merupakan hibah dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Panti tersebut terletak di Jl. A. Yani KM. 29.700 Kelurahan Guntung Payung Kec. Landasan Ulin Banjarbaru.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dan Lanjut Usia Dinsos Kalsel, Yudhiana Khusnan K mengatakan tempat ini dulunya lebih dikenal dengan loka bina karya namun sekarang aset sudah di serahkan kepada pemerintah Provinsi Kalsel dari Kementerian Sosial dan ini kita gunakan untuk operasional panti penyandang disabilitas.

“Panti RSPD memberikan pelayanan untuk penyandang disabilitas fisik, penyandang disabilitas wicara, dan lainnya,” ucapnya usai kampaye Hari Disabilitas Internasional dengan tema Indonesia Inklusi Disabilitas Unggulan di Panti Rehabiitasi Sosial Penyandang Disabilitas (RSPD) Iskaya Banaran, Banjarbaru, Jum’at (15/11/2019).

Menurut, Yudhiana fungsi panti ini adalah untuk memberikan pelayanan dan pelatihan keterampilan bagi penyandang disabilitas dan ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh calon client.

“Panti RSPD ini mengadakan pelatihan selama 6 bulan yaitu 4 bulan program pelatihan secara reguler dan 2 bulan magang di tempat-tempat kerja tertentu sesuai dengan keterampilan yang mereka pelajari,” ungkapnya.

Diungkapkan Yudhiana untuk tahun ini ada 20 client terdiri atas 10 putra dan 10 putri dan tahun depan 2020 akan kita tingkatkan jadi 30 client dengan total 15 putra dan 15 putri.

Selain itu Ia menjelaskan pelatihan keterampilan client perempuan kita berikan pelatihan menjahit dan kita coba sisipkan pelatihan singkat untuk pendampingan misalnya untuk sasirangan atau bordir yang memang linier dengan penampilan mereka pelajari.

“Sedangkan untuk client laki-laki keterampilannya servis sepeda motor ini juga kita sisipkan keterampilan – keterampilan praktis seperti tambal ban, servis ringan dan lainnya,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Artikel telah dilihat : 88 kali.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *