Gubernur Kalsel Raih Penghargaan atas Dedikasi Kembangkan Perpustakaan

Penyerahan penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka kategori Pejabat Publik oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI Syarif Bando (kiri) kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (kanan) pada Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan se-Kalsel di hotel Rattan Inn, Banjarmasin, Rabu (9/10/2019). MC Kalsel/scw

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor meraih penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka kategori Pejabat Publik atas dedikasi dan sumbangsihnya terhadap pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca di Indonesia khususnya Kalimantan Selatan.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Syarif Bando pada Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan se-Kalsel di hotel Rattan Inn, Banjarmasin, Rabu (9/10/2019).

Syarif Bando mengatakan pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional wajib memberikan penghargaan dan apresiasi baik untuk pemerintah daerah, gubernur, bupati dan walikota atau masyarakat umum yang punya kebijakan, aktifitas, dan secara nyata serius dalam mengembangkan perpustakaan.

“Jadi sangat pantas penghargaan ini didapat Kalsel karena telah mengikuti seleksi yang sangat ketat di tingkat nasional,” katanya

Lebih lanjut, Syarif mengatakan nilai utama untuk mendapatkan penghargaan yaitu kebijakan yang terkait dengan pemberdayaan kegemaran membaca sebagaimana diketahui dalam Undang-Undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, dimana perpustakaan menjadi salah satu urusan wajib mendasar.

“Jadi, beberapa komponen utama yang disepakati dengan Kementerian Dalam Negeri yakni pengembangan perpustakaan yang meliputi kelembagaan, SDM, sarana prasarana, dan anggaran,” ucapnya.

Sementara itu, Sahbirin mengatakan keberhasilannya meraih penghargaan berkat kerja keras masyarakat terutama para penggiat perpustakaan sehingga mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

“Terimakasih pemerintah pusat telah menghargai apa yang sudah kita kerjakan dan kita tidak berhenti sampai disini, karena perpustakaan adalah gudang ilmu yang akan terus kita kembangkan,” ujarnya.

Sahbirin mengharapkan Perpustakaan Kalsel terus mengembangkan kualitas dan meningkatkan minat baca sampai ke daerah serta mempertajam penyerapan aspirasi masyarakat. MC Kalsel/scw

Artikel telah dilihat : 56 kali.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *