Bintang atau Melati, SDM Tetap Standar

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Dahnil Kifli. Mc Kalsel / Fuz

Banjarmasin, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya untuk memajukan pembangunan pariwisata daerah, baik itu lokasi wisata hingga kualitas fasilitas hunian bagi wisatawan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dispar Kalsel lakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) SDM Pariwisata dalam hal ini Standarisasi Usaha Pariwisata dengan tema, Mewujudkan Pelayanan dan Pengelolaan hotel Secara Profesional, di Nasa Hotel Banjarmasin, Selasa (8/10/2019).

Kepala Dispar Prov Kalsel, Dahnial Kifli menjelaskan bahwa keinginan bersama menuju pariwisata daerah menjadi sektor unggulan mewujudkan Kalsel sebagai destinasi pariwisata nasional.

Berlandaskan keinginan tersebut, “Kita harus melengkapi fasilitas-fasilitas pendukung salah satunya industri pariwisata yang dilindungi oleh undang-undang tentang kepariwisataan,” tutur Dahnial.

Selanjutnya, Bimtek kali ini dilakukan kepada pelaku usaha hotel yang ada di Kalimantan Selatan, karena salah satu pelayanan yang diberikan kepada wisatawan adalah akomodasi tempat menginap.

Hal ini karena para wisatawan, baik mancanegara dan nusantara akan menjadi pertimbangan mereka untuk memilih tempat menginap. Mau hotel berbintang, hotel melati, guest house, ataupun homestay, namun SDMnya tetap profesional di bidangnya.

“Makanya, standarisasi SDM itu perlu dilakukan, misalnya melati standarnya apa saja, kalau bintang standarnya bagaimana, jangan sampai wisatawan memilih hotel bintang ada fasilitas yang harusnya ada tapi tidak ada,” tambahnya.

Pada Bimtek ini juga diharapkan kepada pengusaha-pengusaha hotel agar berpedoman pada peraturan menteri tentang standar, kemudian petugas-petugasnya disertifikasi sehingga berkompeten di bidangnya. Mc Kalsel / Fuz

Artikel telah dilihat : 17 kali.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *