Percepatan Akses Informasi Melalui Portal Data Ke Setiap SKPD

Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, Gt Yanuar Noor Rifai (kiri) memberikan penjelasan tentang Portal Menuju 1 Data Kalsel di hotel Aria Barito Banjarmasin, Rabu (25/9/2019). MC Kalsel/Ar

Dalam rangka persamaan persepsi untuk 1 data Kalsel, Dinas Kominfo Provinsi Kalsel sudah meluncurkan portal data untuk memasukkan data-data Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar bisa dirangkum sehingga dengan portal data bisa langsung mengakses informasi secara cepat.

Portal data menyediakan format yang mudah dipahami, mudah diakses serta dapat dimanfaatkan kembali.

“Portal data juga sangat penting untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilisasi pemerintah bersamaan dengan mendorong partisipasi seluruh SKPD dan masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan di Provinsi Kalsel” ucap Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, Gt Yanuar Noor Rifai saat menjadi narasumber pada Seminar Statistik “Bergerak Menuju 1 Data Kalsel” di hotel Aria Barito Banjarmasin, Rabu (25/9/2019).

Menurut Rifai, Diskominfo Provinsi Kalsel sudah melakukan beberapa tahapan dengan adanya portal data agar mempercepat suatu data dengan tindakan yang cepat.

“Koordinasi juga dilakukan ke setiap SKPD untuk menindaklanjuti portal data tersebut” tuturnya.

Diutarakannya, portal data merupakan portal data terpadu yang menyajikan data statistik sektoral dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemprov Kalsel yang akan mampu menunjang pembangunan di Provinsi Kalsel yang lebih baik.

“Data yang akan disajikan juga seperti data statistik sektoral, data statistik sektoral khusus dan data statistik sektoral aplikasi mantra” ungkapnya.

Rifai berharap portal data untuk mengakses se-Indonesia dapat segera terealisasi sehingga data tidak saling berbeda. MC Kalsel/Ar

Artikel telah dilihat : 74 kali.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *