Fotografer Banua: Jalin Silaturahmi dan Hunting Bareng sekaligus Mengenang Pendiri Fotografer.net

Belasan fotografer Banua foto bersama di Taman Maskot Bekantan Banjarmasin usai hunting bareng menyisir kawasan Kampung Ketupat dan Pasar Sudimampir,Sabtu (23/7). Hunting bareng ini sebagai ajang silaturahmi sekaligus mengenang almarhum Kristupa. MPB – Mc Kalsel / Fuz

Kabar meninggalnya fotografer profesional, Kristupa Wicaksana Saragih, Sabtu (8/7) beberapa pekan lalu, membuat duka mendalam bagi para fotografer Kalimantan Selatan (Banua), khususnya kota Banjarmasin. Pasalnya, Kristupa dinilai membawa banyak perubahan bagi dunia fotografi Indonesia. Selain itu, Kristupa juga sering datang untuk mengisi workshop yang digelar oleh komunitas fotografi di Banua.

Mengenang tokoh tersebut, Mobile Photography Banjarmasin (MPB) bersama komunitas fotografi lainnya mengadakan event hunting bareng, Minggu pagi (23/7). Konsep yang diusung pada kegiatan tersebut, yaitu street photography atau yang biasa disebut dengan fotografi jalanan.

Hunting dimulai pada pukul 07.00 pagi, puluhan fotografer berburu foto menyisiri perkampungan kawasan Kampung Ketupat, Pasar Sudimampir hingga Taman Maskot Bekantan, Banjarmasin.

Ketua Komunitas MPB, Andrie Callista, menjelaskan bahwa event yang digelar selain sebagai ajang silaturrahmi pegiat fotografi Banua, juga sebagai persembahan kepada almarhum Kristupa.

“Banyak hal yang bisa diambil dari sosok Kristupa. Mulai dari pembawaannya yang low profile meskipun sudah menyandang gelar sebagai tokoh fotografer asal Indonesia yang cukup berpengaruh. Selain itu, ia juga menjadi inspirasi para pegiat fotografi di Banua,” jelasnya.

Sementara itu, di sela-sela kegiatan, sosok Kristupa Wicaksana Saragih, menurut pengurus APFI (Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia) Kalsel, Rasyid Ridha, bisa dikatakan sebagai pemersatu fotografer di Indonesia melalui situs Fotografer.net yang dibuatnya.

“Melalui situs tersebut, ia mempersatukan individu fotografer se-Indonesia tanpa melihat dan mengelompokan aliran foto,” ungkapnya. MPB – Mc Kalsel / Fuz

Artikel telah dilihat : 81 kali.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *