Peringatan Nuzulul Qur’an Sekaligus Manaqib Siti Fatimah

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanah Bumbu) memperingati malam Nuzulul Qu’ran sekaligus pembacaan Manaqib Siti Fatimah Az Zahra di Pondok Pesantren Datuk Kelampaian Kecamatan Kusan Hilir, Senin (12/6) malam.
Peringatan itu digelar usai melaksanakan sholat tarawih bersama, dihadiri Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming  dan  Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, serta jajaran para pejabat dilingkup Pemkab Tanbu.
Tak hanya pembacaan  Manaqib yang di bacakan pengasuh Pondok Pesantren KH. Abdul Gafar, peringatan Nuzulul Qur’an juga  di isi tausyiah oleh  Ustad Das’at Latief  dari Makassar.
Dalam Tausyiahnya Das’at Latief mengajak para Jamaah  yang hadir untuk memaknai peringatan Nuzulul  Al Qur’an sekaligus  mengingat kembali dikala  Nabi Muhammad SAW menerima  Ayat pertama surah Iqro  melalui malaikat Jibril.
Dikatakannnya,  Surah Al Iqra bermakna “Baca” dan  menggambarkan sesuatu ibadah harus di mulai dengan ilmu pengetahuan. Baik ibadah sholat, ibadah puasa dan ibadah lainnya.
“Percuma aja rajin puasa, rajin sholat dan ibadah haji  tapi tak didasari ilmu maka itu akan sia-sia jadinya,” kata Das’at.
Dalam kesempatan itu, Ustad kondang yang kerap mengisi Damai Indonesiaku TV One itu menuturkan bahwa ilmu pengatahuan lebih berharga dari harta.
Landasan dari semua itu lanjutnya adalah Al Qur’an. Kerena Al Qur’an adalah obat sekaligus   rujukan dalam hidup. Terutama mengatasi dalam persoalan kehidupan.
“Selagi menjadikan Al Qur’an sebagai rujukan hidup maka perbanyaklah membaca Al Qur’an  dan perbanyak iqtikap dalam memanfaatkan akhir bulan Ramadahan  maka hidup akan terasa tenang. Begitulah keistimewaannya Al Qur’an,” paparnya.
Sementara itu, peringatan ini sekaligus  rangkaian kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Tanah Bumbu. Ditandai dengan penyerahan simbolis  2000 buah Al Qur’an  dari PT BIB melalui Bupati Tanbu dan Wabup Tanbu di Pondok Pesantren tersebut.
Sebelumnya dilakukan Buka puasa bersama masyarakat Desa Pakatelu Kecamatan Kusan Hilir.
Dalam buka puasa bersama itu acara ditandai penyerahan Alsintan  dan benih unggul dari Bupati Tanah Bumbu kepada petani setempat. Kemudian penyerahan sembako kepada masyarakat  melalui Wakil Ketua TP PKK Tanbu H. Sadariah Sudian Noor. (win)
Artikel telah dilihat : 19 kali.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *