Peluncuran E-Commerce Plazakalsel.com

Pimpinan dari Bank BNI beserta Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan H. Yanuar Noor Rifai (tiga dari kanan) dan Kadis Koperasi dan UMKM Prov. Kalsel, Gustava Yandi (dua dari kiri), foto bersama diatas panggung seusai meresmikan marketplace diacara peluncuran plazakalsel.com di kantor Dinas Koperasi dan UMKM Prov Kalsel, Kamis (20/4). Mc Kalsel/Rns

Kamis (20/4), bertempat di halaman gedung Dinas Koperasi dan UMKM Prov Kalsel Banjarmasin, pemerintah Prov. Kalsel bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) meresmikan peluncuran e-commerce plazakalsel.com. Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan, H. Yanuar Noor Rifai mewakili Gubernur Kalsel berhadir diacara yang gagas oleh Dinas Koperasi dan UMKM Prov Kalsel tersebut.

Permasalahan dalam pengembangan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diantaranya adalah sulitnya para pelaku UMKM dalam memasarkan hasil produknya, sehingga kalah dalam persaingan, terlebih saat ini baik produsen dalam negeri maupun luar negeri tengah berlomba-lomba dalam persaingan di era pasar bebas.
Hal ini disebabkan kurangnya promosi tentang hasil produk unggulan UMKM daerah, karena dengan promosi yang dilaksanakan dengan media konvesional, seperti melalui pameran, penjualan langsung melalui outlet dan lain sebagainya, dirasa masih kurang maksimal hasilnya. Selain itu tidak mungkin jika promosi dilakukan secara besar-besaran, karena membutuhkan biaya yang sangat besar.
“berangkat dari kondisi tersebut, pemerintah Prov. Kalimantan Selatan bersama PT. Bank Negara Indonesia (BNI) sepakat untuk bekerjasama untuk meningkatkan daya saing UMKM daerah melalui pemasaran online di Kalsel” ujar H. Yanuar Noor Rifai mengawali sambutan dari Gubernur Kalsel.
Pelaksanaan kerjasama ini dilaksanakan atas dasar kesepakatan bersama anatar PT. Bank Negara Indonesia (BNI) dan pemerintah Prov. Kalsel nomor 01 tahun 2017, pada tanggal 7 Februari 2017 tentang pemanfaatan fasilitas jasa dan layanan perbankan serta dukungan pasar online untuk peningkatan sektor usaha mikro kecil dan menengah di Kalimantan Selatan.
Tujuan yang diharapkan tercapai melalui kerjasama ini adalah UMKM di Kalimantan Selatan dapat memperluas jangkauan pemasaran hasil-hasil produknya, sehingga dikenal secara luas, tanpa ada batasan wilayah, sekaligus dapat mempromosikan produk-produk unggulan daerah dengan cost yang murah, jika dibandingkan menggunakan metode pemasaran yang konvesional.
“kita dapat melihat bersama keunggulan yang dimiliki sistem pemasaran online, yaitu rendah nya biaya operasional, dengan kerjasama pemerintah daerah memudahkan perguliran desain dan pengelolaan, serta metode pembayaran yang mudah dan aman” ujarnya menambahkan.
terlebih saat ini era teknologi informasi telah mengalami kemajuan yang pesat, untuk itu pemerintah Prov Kalsel sangat mengapresiasi inovasi yang diprakasai oleh Dinas Koperasi dan UMKM Prov Kalimantan Selatan serta dukungan yang diberikan Bank Negara Indonesia (BNI) untuk berinovasi dalam pemasaran online untuk produk-produk unggulan UMKM daerah.
untuk menjaga kesinambungan produksi dan layanan online marketplace diperlukan bimbingan dan edukasi kepada para pelaku UMKM dalam pemanfaatan platform digital sebagai sarana pemasaran priduk-produknya. Selain itu, upaya tersebut juga diikuti dengan peningkatan kapasitas, akses permodalan dan pendanaan alternatif, sehingga UMKM di Kalimantan Selatan dapat semakin berkembang.
“Semoga seluruh upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat senantiasa dalam bimbingan dan ridho Allah SWT” ujar Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan itu menutup sambutan tersebut. Mc Kalsel/Rns
Artikel telah dilihat : 14 kali.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *